dafrat Blog Q

MyCSSMenu Save Document [+] Open Visual Interface

Saturday, January 26, 2013

LIPUTAN,Masyarakat Usulkan Perbaikan Jalan Poros


Masyarakat Usulkan Perbaikan Jalan Poros 


KOTOGASIB- Masyarakat Desa Empang Pandan mengharapkan adanya perhatian dari pihak pemerintah kabupaten siak terkait masih buruknya kondisi jalan poros yang menghubungkan dusun Tandan Mukti dan Dusun Tanjung Sari di desa tersebut.

Jalan poros yang selama ini kondisinya sudah memprihatinkan mengharapkan perhatian. hal itu sudah di sampaikan pada saat di adakan nya Musrenbang desa bahwa masyarakat sudah sangat menginginkan jalan menghubungkan dua dusun itu di aspal mengingat kalau selama ini hanya di timbun dengan sirtu tidak dapat bertahan lama baru beberapa bulan sudah rusak lagi.

Ketua  RT 19 Desa Empang Pandan Halim Harahap  Kamis (24/1) meminta, perbaikan jalan supaya di prioritaskan mengingat jalan poros menghubungkan dua dusun tersebut saat ini sudah rusak berat sehingga mengganggu akses dalam mengangkut hasil pertanian petani. " Kita sangat berharap supaya pemkab siak dapat segera merealisasikan perbaikan jalan peningkatan jalan di desa empang pandan karena sudah memprihatinkan" terang Halim

Menurutnya sudah sewajarnya pemkab siak memperhatikan kondisi sarana dan prasarana pembangunan yang masih di butuhkan dan sangat vital. " sebelumnya desa empang pandan merupakan desa terbaik dan pernah menjuarai perlombaan PHBS (perilaku hidup bersih sehat) baik itu tingkat kabupaten maupun tingkat provinsi dengan adanya itulah kiranya pihak pemkab dapat mempertimbangkan dan memprioritaskan nya" ujar Halim.

Selain itu selama ini warga hanya mengandalkan swadaya dalam memperbaiki sarana jalan, namun karena kondisi untuk memperbaikinya dana nya cukup besar warga pun tidak sanggup menanggung keseluruhannya.

Senada disampaikan oleh Jhon (25) warga setempat mengatakan, masyarakat mengharapkan pembangunan sarana jalan supaya dapat terealisasi.bila tidak segera di aspal di kawatirkan masyarakat tidak dapat mengangkut hasil pertaniannya. "Di kawatirkan warga akan mengalami kesulitan dalam perekonomiannya" pungkas Jhon.



PP Tertibkan Baliho Dan Sepanduk Cagub

SIAK- Satuan Polisi Pamong Peraja Kabupaten Siak beberapa waktu lalu diresmikan dan disahkan menjadi STOK yang berdiri sendiri. Di awal ini program kerja yang dilakukan focus pada penertiban sepanduk dan baliho calon gubernur yang Nampak menjamur di wilayah Kabupaten Siak.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Bidang Aparatur Polisi Pamong Praja Siak Wan Yusuf, Jumat (25/1) saat ditemui Haluan Riau di kantornya. “Demi menjaga ketertiban serta keindahan, baliho calon Gubri yang tidak ada ijin akan kita tertibkan, hal ini kami lakukan berdasarkan peraturan dan undang-undang yang berlaku. Selain itu kami mengaktifkan kembali pos jaga di rumah pejabat dan kantor-kantor pemerintahan, yang masih belum seluruhnya aktif " ujar Wan Yusuf.

Hal itu dilakukan berdasarkan tugas dan fungsinya Satpol PP kabupaten yakni, penegak peraturan daerah (perda) dan peraturan bupati (perbup). Untuk itu, optimalisasi setiap satuan yang ada perlu dilakukan. "Intinya kita sebagai penegak peraturan serta perundang-undangan sesuai dengan Tupoksinya" tegas Wan Yusuf.

Selain itu, program pendidikan pada anggota juga perlu diperhatikan, hal itu Untuk meningkatkan pelayan Satpol PP pada masyarakat. Dimana pelatihan dilakukan dengan mengirimkan peserta ke pusat atau perofinsi karena, fasilitas dan intruktur saat ini berada di sana. “Beberapa waktu lalu kami telah mengirim peserta ke pusat untuk mengikuti latihan, kedepan jika dalam penganggaran disetujui, kami akan melakukan peltihan drum band dan pelatihannya di provinsi karena fasilitas serta instrukturnya kita belum punya,” pungkas Wan Yusuf. Mg4



Pembangunan Jalan Jadi Prioritas

DAYUN- Pemerintah Kecamatan Dayun sudah melakukan musrembang desa sejak awal Januari, dari hasil musrembang yang ada, kemungkinan fokus pembangunan masih seperti tahun kemaren yakni peningkatan pembangunan akses jalan poros.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Camat Dayun Marwoto, Jumat (25/1) di kantornya. “Kami sudah melakukan musrembang desa mulai awal Januari, sekarang tinggal beberapa desa yang belum selesai, dari hasil musrembang yang ada, kemungkinan fokus pembangunan jalan poros desa. Karena usulan yang banyak adalah pembangunan, dan itu akan dibicarakan lagi pda musrembang Kecamatan insyaAllah pada 18 Februari mendatang,” terang Marwoto.

Usulan yang ada akan dipertimbangkan, kita ketahui bersama jalan merupakan salah satu factor yang mendukung kemajuan desa. Jika jalan bagus, akses keluar masuknya barang dan hasil masyarakat bisa lancar sehingga dapat meningkatkan perekonomian desa.

Selain itu ada juga usulan pada sector pendidikan, yakni pembangunan sarana dan prasaran yang diusulkan oleh pihak sekolah yang hadir pada kegiatan musrembang. Di sector pertanian ada satu desa yang mengusulkan bibit sapi.


Karang Taruna Diharapkan Lakukan Gerakan Sosial

SABAK AUH- Karang taruna diharapkan dapat aktif melakukan gerakan sosial, bisa mengadvokasi dan memfasilitasi warga untuk mendapatkan pelayanan public.
Hal itu disampaikan ketua karang taruna Kabupaten Siak Indra Gunawan pada temu karya ke-2 Karang Taruna Sabak Auh, Rabu (23/1) di Aula kantor Kecamatan Sabak Auh. “Dalam waktu dekat kami akan melakukan roadshow ke-14 Kecamatan yang berada di Kabupaten Siak dalam rangka mensosialisasikan dan menekankan titik program kerja pada tiap karang taruna Kecamatan dan Desa. Salah satu focus kita yakni pada gerakan sosial, contohnya memberikan jalan pada masyarakat untuk mendapatkan pengobatan geratis yang merupakan program pemdan. Kebanyakan masyarakt belum mengetahui bagaimana mendaaptkan fasilitas tersebut, untuk itu perlu pendampingan dari kita,” katanya

Selain itu diharapkan karang taruna kecamatan agar dapat merangkul karang taruna desa agar bisa satu gerak, sehingga dapat memotifasi bagi tiap karang taruna desa untuk bersaing dan melakukan gebrakan-gebrakan baru. Sehingga kegiatan karang taruna tidak hanya terlihat moton atau bahkan terlihat fakum.

“Kami berharap tiap karang taruna Kecamatan dapat membuat turnamen setahun sekali, dan kegiatan itu melibatkan seluruh karang taruna desa. Sehingga karang taruna desa dapat terrangkul, sekaligus menjadikan jalan silaturahmi, koordinasi dan kosolidasi untuk melakukan kegiatan bersama lainnya,” kata Indra Gunawan

Sidang pada temu karya ini dipimpin langsung oleh Sekjen karang Taruna Kabupaten Siak ikhsan, Terdapat lima kandidat, sementara ketua terpilih adalah saudara Salman Alfarizi.

Salman Alfarizi menyampaikan, Karang Taruna merupakan organisasi strategis untuk itu tidak salah jika organisasi tersbut diarahkan pada kegiatan sosial. “Kedepan kami akan menyusun langkah strategis sehingga dapat merangkul seluh karang taruna desa, hal itu akan dilakukan dalam bentuk programkerja baik berupa kegiatan sosial ataupun keolahragaan,” tegas SalmanAlfarizi

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Camat Sabak Auh Muhammad Hasanal Lutfi, turut hadir pengurus inti Karang Taruna Kabupaten Siak, Kepala Desa dan tokoh masyarakat se-kecamatan Sabak Auh serta pengurus karang taruna desa se-Kecamatan Sabak Auh

No comments:

Post a Comment