dafrat Blog Q

MyCSSMenu Save Document [+] Open Visual Interface

Saturday, January 26, 2013

Liputan : 554 Pejabat Eselon II, III dan IV Kabupaten Siak Dilantik Bupati Himbau Pejabat Untuk Aktif dan Profesional


Bupati : Kesejahteraan Berkah Dari Zakat

DAYUN - Kemajuan bidang perkebunan, pertanian, dan peternakan yang berimplikasi pada meningkatnya kesejahteraan petani di Kabupaten Siak merupakan berkah kasih sayang Allah atas kesadaran yang tumbuh dari para petani untuk turut berzakat. Hal ini terlihat dari pencapaian tingkat kesejahteraan petani yang menggembirakan pada interval waktu dimana para petani giat-giatnya menggalakkan zakat, terjadi peningkatan ekonomi yang menggembirakan.

Hal tersebut sebagaiman disampaikan oleh Bupati Siak Syamsuar, Kamis (10/1) disela-sela acara penyerahan bantuan alat-alat pertanian sekaligus penyerahan zakat oleh Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten dan bantuan Rumah Layak Huni (RLH) di Desa Sialang Sakti.

Syamsuar mengatakan, zakat yang dierahkan pada kesempatan tersebut merupakan wujud interprestasi kesadaran social untuk saling membantu sesama. Dimana Zakat juga dapat diberikan dalam berbagai bentuk sesuai kebutuhan penerimanya.

“ Saya menerima informasi dari Wakil Bupati yang juga merupakan ketua umum BAZ Kabupaten Siak, para petani kita sudah tumbuh kesadarannya berzakat. Oleh karena itu saya yakin kesejahteraan yang kita dapatkan saat ini merupakan berkah dari berzakat. Kalau ada kesadaran, InsyaAllah berkah dan kasih saying Allah akan tercurah kepada negeri ini. Oleh karena itu tidak akan pernah merugi kita berzakat. Karena hakikatnya berzakat itu membersihkan harta kita dari hak-hak saudara-saudara kita yang membutuhkan” ujar Syamsuar

 
Sementara, Camat Dayun Marwoto dalam sambutannya mengatakan bahwa, kecamatan Dayun menerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten yaitu alat-alat pertanian dan pengolahan usaha tani guna menunjang kegiatan petani dalam melakukan pengelolaan serta pengolahan hasil usaha tani. Selain itu juga diserahkan bantuan rumah layak huni dan penyerahan zakat konsumtif dan produktif.


"Untuk itu kami berharap, agar para petani dapat memanfaatkan seoptimal mungkin bantuan yang telah diberikan serta dapat meningkatkan hasil usaha petani yang mendorong peningkatan ekonomi petani. Semoga dengan program-program seperti ini dapat menekan angka kemiskinan di daerah kita," ungka Marwoto.

 
Pada kesempatan tersebut Bupati  menyerahkan secara simbolis alat-alat pertanian berupa pabrik pakan mini, mesin pelet ikan dan ternak sapi, Alat pengering kompos, Hand Traktor, Rumah layak huni untuk desa Buana Makmur 3 unit, Desa Sawit Permai 2 unit, Desa Berumbung Baru 2 unit, Desa Lubuk Tilan 1 unit, Desa Banjar Seminai 1 unit dan Desa Dayun 1 unit total 10 unit.

 
Untuk zakat produktif diserahkan 6 ekor sapi berumur 1 tahun per kelompok untuk Desa Sialang Sakti sebagai percontohan, sementara untuk perorangan untuk Desa Suka Mulia 4 ekor sapi bunting sebanyak 4 orang, Desa Sawit Permai 2 ekor Sapi bunting untuk 4 orang, dan Desa Lubuk Tilan 2 ekor sapi bunting sebanyak 4 orang. Selain itu untuk Modal usaha bengkel elektronik sejumlah, bengkel motor dan pengetaman kayu masing-masing menerima sebanyak 5 juta rupiah. Sedangkan untuk zakat konsumtif diserahkan kepada 78 orang masing-masing menerima 500 ribu rupiah serta penyerahan bantuan kepada anak yatim.

 

Pantauan lapangan, usai penyerahan Bupati dan rombongan meninjau kebun buah naga dan pembibitan ikan lele milik kelompok tani dan sekaligus meninjau pengolahan pupuk kompos di Desa Sialang Sakti.






554 Pejabat Eselon II, III dan IV  Kabupaten Siak Dilantik
Bupati Himbau Pejabat Untuk Aktif dan Profesional

SIAK- Pelantikan Pejabat Eselon II, III dan IV  Kabupaten Siak berlangsung, Jumat (11/1) di Ruang Raja Indra Pahlawan, Kantor Bupati Siak. Sebanyak 34 pejabat Eselon II dan 167 pejabat Eselon III dilantik langsung oleh Bupati Siak Jumat pagi, sementara 353 Pejabat Eselon IV dilantik oleh Wakil Bupati Siak Alfedri sore hari tersebut. Turut hadir seluruh unsur muspida Kabupaten Siak.



Dalam sambutannya Syamsuar menyampaikan, pelantikan ini sengaja dijawalkan pada hari jumat menurutnya hari Jumat adalah hari yang baik. Selain pertimbangan itu, juga berdasarkan SKPD, dan juga  SPJ yang dijadwalkan selesainya pada tanggal 10 Januari kemaren.



Bupati menghimbau, jika ada keraguan pada Pejabat dinas-dinas yang baru agar membangun koordinasi pada Badan Pegawai Daerah, diharapkannya pada pejabat yang baru dilantik mulai hari ini sudah siap bekerja.


Lebih lanjut Syamsuar mengatakan bahwa, mutasi di lingkungan pegawai adalah hal yang biasa, disamping itu bagi yang mendapatkan promosi dari ekselon 3 menjadi enkselon 2 atau dari ekselon 4 ke ekselon 3 untuk dapat mensyukuri.



Dihimbaunya, pada para pejabat yang baru dilantik untuk aktif, berani berbicara menyampaikan pemikiran-pemikiran guna menyelesaikan permasaalahan yang ada dan juga menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari masyarakat pada bidang yang di kerjakannya. "Jika saudara bisa menjawab seperti apa yang disampaikan kepala Dinas, untuk itu dihimbau pada para pejabat untuk terus belajar dan membuktikan peningkatan kinerja atas jabatan baru yang di amanahkan," harap Syamsuar


Berkaitan dengan manajemen, terdapat dinas dan badan pemerintah yang jarang mengadakan rapat, untuk itu dihimbaunya pada pejabat yang baru ini untuk aktif melakukan rapat dan pembinaan karena, jika tidak ada rapat bagaimana pimpinan bisa memnyampaikan arahan. Bupati berharpa, mulai tahun 2013 ini selaku pimpinan harus bicara, memberikan arahan dan pembinaan pada anggotanya, dan jika anakbuah memiliki kineja yang baik selayaknya untuk memberikan pujian.

 "Selaku pimpinan harus bersani bicara, kalau perlu bicara dan sampaikan pada wartawan, Ada juga pejabat yang takut sama wartawan, takut untuk diwawancara," ujarnya lagi



Syamsuar menegaskan bahwa, Pada 2013 ada target yang perlu kita capai, salah satunya, Siak sudah dipercaya oleh Gubenur Sebagai Contoh Reformasi Birokrasi. Dengan itu kita perlu menunjukkan atas kepercayaan tersebut.


"Perlu diingat, masih ada tanggung Jawab SKPD terutama Laporan Keuangan, seharusnya hari ini mereka dilantik, hari ini juga laporan SKPD laporan Keuangan yang lalu sudah dilaporkan. Saya berharap pada saudara-saudara yang mempunyai tanggungjawab ini dapat bekerja sama dengan pejabat yang baru untuk menyelesaikan laporan tersebut," tegas Syamsuar.


Berdasarkan laporan kegiatan tahun lalu, banyak kekurangan yang pada tahun ini harus diperbaiki diantaranya, terlambatnya pelelangan, terlambatnya mempersiapkan administrasi pelelangan, masih terdapat kualitas yang kurang baik dari proyek yang dikerjakan.


“Harapan saya, para pejabat yang baru dilantik untuk tanggap terhadap permasaalahan yang ada. Seperti halnya camat, jika ada permasaalah di daerahnya untuk cepat tanggap dan jika perlu lakukan konsultasi,” harap Syamsuar


Pada kesempatan tersebut bupati juga menyinggung fasilitas yang digunakan pada posisi yang sebelumnya, diharapkan fasilitas infentaris Negara yang dipinjamkan untuk dapat segera dikembalikan. “Diharapkan setelah pindah tugas, mobil dinas yang dulu untuk diserahkan. Jangan sapai terkesan memaksa Pemda untuk menyiapkan fasilitas selengkap mungkin, padahal kinerjanya belum maksimal,” tegasnya lagi
“Saya juga mendengar ada pejabat yang main proyek, kalau memang main proyek berhenti juga jadi pejabat dan jadi kontraktor saja. Kita bekerja harus profesional, sesuai profesi dan tanggungjawab kita,” pungkas Syamsuar.

No comments:

Post a Comment