dafrat Blog Q

MyCSSMenu Save Document [+] Open Visual Interface

Monday, February 11, 2013


Koto Gasib Lakukan pendataan Aset Budaya

KOTO GASIB- Pemerintah Kecamatan Koto Gasib melalui UPTD Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (7/2) melakukan pendataan asset budaya yang berada dilingkunag kecamatan di Gedung Putri Kaca Mayam desa Pangkalan Pisang. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak Kadri Yafiz.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Sekretaris Camat Koto Gasib Heri Darmawan, Kepala UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Nurman, Guru Kesenian dari tiap sekolah di lingkungan Kecamatan Koto Gasib, Kepala Desa dan Tokoh masyarakat se-Kecamatan Koto Gasib.

Ditempat terpisah Heri Darmawan menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi Budaya yang ada di Kecamatan koto Gasib, pendataan dilakukan baik pada situs sejarah dan Kebudayaan khas Kecamatan Koto Gasib. Dengan harapan, setelah pendataan ini kedepan dapat menghidupkan lebih menghidupkan kembali kebudayaan setempat.

“Kami memiliki Kesenian baru yakni Berkayat, isinya menceritakan Sejarah Kerajaan dan Sejarah Nabi. Dengan harapan dapat ditetapkan sebagai kesenian daerah kami. Di Koto Gasib ada beberapa situs sejarah yang tadi data, yakni Makam Tuk Badak di desa Rantau panjang, Putri Kaca Mayang di desa Kuala Gasib dan makam bersejarah di masa kerajaan tempatnya di Dusun Sigintil desa Teluk Rimba,” kata Heri Darmawan

Pada kesempatan tersebut forum mengusulkan agar Dinas Pendidikan dan Kesenia Kabupaten dapat menurunkan bantuan berupa alat kesenian, tujuannya untuk menghidupkan kembali budaya melayu seperti Gambus. “Kami ingin mengidupkan kembali budaya melayu, dengan alat tersebut kami bisa melakukan latihan rutin sehingga, kami bisa melestarikan Kesenian Melayu di Kecamatan,” pungkas Heri Darmawan.

No comments:

Post a Comment