dafrat Blog Q

MyCSSMenu Save Document [+] Open Visual Interface

Monday, February 11, 2013


Camat Himbau Masyarakat Jangan Buang Sampah Sembarangan

LUBUK DALAM- Camat Lubuk Dalam Mursal menghimbau agar masyarakatnya tidak membuang sampah sembanagan, hal itu disampaikannya guna menanggapu adanya pembuangan sampah pasar di depan wilayah sekolah SMKN 1 Lubuk Dalam, dinilainya sampah tersebut kini membuat pencemaran lingkungan.

"Kami menghimbau pada masyarakat yang berada di daerah pasar Rawang Kao, agar tidak ada lagi membuang sampah di lokasi sekolah sekalian merusak pemandangan oleh mata dan juga sangat menggagu kesehatan pada siswa dan juga disekitar yang bermukim berdekatan langsung dengan tumpukan sampah "terang Mursal, Kamis (7/2).

Dikatakannya, pihak Kecamatan akan memerintahkan kepada petugas kebersihkan yang ada di kecamatan Lubuk Dalam agar secepatnya membersihkan tumpukan sampah yang berada di depan SMKN 1Lubuk Dalam. Agar tidak mengaggu kesehatan pada masyarakat dan juga siswa yang setiap harinya melewati jalan tersebut.

Setelah pembersihan dilakukan, camat berharap tidak ada lagi masyarakat membuang sampah sembarang. "Kami tegaskan, buanglah sampah pada tempatnya, kita harus menhidupkan budaya bersihan, kika lingkungan kita bersih maka kita akan terhindar dari penyakit," pungkas Mursal.




Bupati Serahkan DP4 Kabupaten Siak ke KPU

SIAK-  Bupati Siak Syamsuar menyerahkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Kabupaten Siak kepada Ketua KPUD Kabupaten Siak H Agus Salim, Kamis ((7/2) di gedung daerah Kediaman Gubernur Riau Pekanbaru. Penyerahan DP4 yang disaksikan langsung oleh Wakil Gubernur Riau Mambang Mit, Ketua DPRD Provinsi Riau Johar Firdaus, dan Ketua KPUD Provinsi Riau T Edi Sabli. Sebelum penyerahan, dilakukan penandatanganan Berita Acara penyerahan DP4 antara Bupati Siak dengan Ketua KPUD Kabupaten Siak.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Daerah dan Ketua KPUD Kabupaten Kota se-Riau untuk penyerahan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) untuk penyelenggaraan penilu 2014.


Penyerahan data DP4 tersebut merupakan tahapan persiapan dalam rangka menyambut Pemilu 2014 mendatang. Untuk itu sebelum ditindaklanjuti dengan pemutakhiran data oleh KPUD bersama Pemerintah Kabupaten, dilaksanakan penyerahan DP4 dari Pemprov Riau kepada KPUD Provinsi Riau dan dari Pemkab/Pemkot Se-Provinsi Riau kepada KPUD masing-masing.

Dalam sambutannya Mambang Mit mengatakan, tahapan ini merupakan tahapan penting dan strategis untuk selanjutnya dilakukan pemutakhiran data, pengumuman DPS hingga pengumuman DP4 dimasing-masing daerah dalam menyongsong Pemilu 2014 nanti.

“ini kami lakukan sebagai wujud akuntabilitas dan faktualisasi peran Pemda dalam mewujudkan demokrasi dan tata pemerintahan yang baik”papar Mambang Mit

Ditambahkannya lagi, DP4 merupakan pemilihan data pemilih yang diusahakan seakurasi mungkin. Untuk itu Bupati/ Walikota diminta melakukan sedikitnya sebanyak 3 kali proses pemutakhiran data berkenaan perubahan data penduduk terkait angka kelahiran, angka kematian, maupaun kedatangan dan perpindahan penduduk sebelum proses pemutakhiran data ditingkat pusat.


Ditambahkannya, menurut Pasal 48 UU Nomor 8 Tahun 2012 menyebutkan, KPU dan KPUD dalam menyiapkan data pemilih melaksanakan kerjasama yang terintegrasi dengan data kependudukan. Peran Pemda dalam pemutakhiran data diharapkan agar data yang didapat lebih akurat, serta mengakomodir seluruh jumlah pemilih agar memudahkan pengecekan DP4 jika terjadi dugaan penggelembungan suara saat pemilu. Dalam kesempatan tersebut juga dijelaskan proses persiapan data melalui tahapan pemutakhiran data juga dilakukan dengan singkronisasi penerapan NIK, dan perekaman data melalui e-KTP



Dinas Dina Marga dan Pengairan Desak Kontribusi Perusahaan Guna Membangun Jalan

SIAK- Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Siak, Rabu (6/2) mengadakan pertemuan dengan beberapa perusahaan yang menggunakan jalan H. Abdullah Desa Maredan Kecamatan Tualang, Siak. untuk keperluan usaha merekam. Pertemuan tersbut bertujuan membuat kesepakatan Budjet Shering untuk membangun jalan sepanjang 6 Km tersebut.

Untuk mewujudkan pengaspalan tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak melalui Dinas Bina Marga dan Pengairan menggelar pertemuan dengan 7 perusahaan setempat, agar dapat bersama-sama melakukan pengaspalan dengan sistem buget shering. Hal ini diminta pemerintah, sebagai bentuk kontribusi Perusahaan yang menggunakan jalan tersebut pada masyarakat setempat, yakni memberikan kemudahan jalur trasportasi masyarakat.

7 perusahaan tersebut yakni PT. Arara Abadi, PT.P. Palmak, PT. Aip Aleksa, PT. Kharisma, PT. Maredan, dan PT. Markopolo, serta Pemkab Siak. Adapun yang telah menyetujui untuk melakukan pengaspalan bersama yakni Pemkab Siak mendapat jatah pengaspalan sepanjang 1,5 Km, dan PT. Arara Abadi sepanjang 2 Km. Sementara perusahaan lainnya masih melakukan rapat internal masing-masing perusahaan.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Siak Irving Kahar Arifin melalui Kabid Bina Marga Ardi Arfandi Kamis (7/2). Disampaikannya, dari hasil pertemuan tersebut baru satu perusahaan yang setuju untuk ikut membangun jalan tersebut.

"Saat ini, Baru satu Perusahaan yang setuju untuk melakukan pengaspalan bersama yakni PT. Arara Abadi akan membantu pengaspalan sepanjang 2 Km dan Pemkab Siak dengan jatah 1,5 Km. Sementara, untuk perusahaan lainnya masih menunggu hasil rapat internal mereka," terang Ardi.

Ardi menambahkan, pengaspalan bersama tersebut karena jalan yang akan diaspal tersebut selain ada pemukiman masyarakat, jalan itu juga dilintasi armada masing-masing perusahaan seperti mobil-mobil bertonase berat.

"Kami berharap perusahaan setempat dapat melakukan pengaspalan bersama, kita ketahui pinggir jalan tersebut terdapat pemukiman masyarakat, sementara mobil berat masing-masing perusahaan juga melintas di jalan itu," ungkap Ardi

Ditambahkan Ardi, saat ini Pemkab Siak dan PT.Arara Abadi telah setuju melakukan pengaspalan sepanjang 3,5 Km dan sisanya 2,5 Km adan di musyawarahkan oleh perusahaan-perusahaan yang lainnya.

"Saat ini, Pemkab dan PT.Arara Abadi telah setuju untuk pengaspalan tersebut, dan masih ada sisanya sepanjang 2,5 Km. Dan diharapkan enam perusahaan yang masih menunggu hasil rapat internal mereka, agar dapat membagi sisa panjang jalan yang akan diaspal tersebut," pungkas Ardi.



Bupati Himbau Kades Usulkan Pembangunan Infrastruktur

SUNGAI MANDAU- Bupati Siak Syamsuar menghimbau agar Kepala Desa dapat segera mengusulkan pembangunan infrastruktur guna mempercepat kemajuan desa.

Hal itu disampaikan Bupati pada acara
Penyerahan bantuan bibit padi pada masyarakat petani di Desa Muara Bungkal Kecamatan Sungai Mandau, Rabu (6/2). Dikatakannya, guna mempercepat kemajuan maka Kepala Desa diminta aktif menampung dan mencari data infrastruktur yang perlu dibangun. "Saya mengharapkan kepada desa agar menyampaikan usulan-usulannya kepada kami terkait pembangunan infrastruktur, seperti pembangunan jalan, jembatan, sarana pendidikan, sarana kesehatan dan lain-lain," kata Syamsuar

Dijelaskannya, pada tahun ini Pemda masih melanjutkan program sebelumnya yakni pembangunan jalan poros desa, karena itu penting guna menunjang perekonomian desa.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga menyinggu masalah keamanan dan ketertiban karena, bagaimanapun berkembangnya suatu daerah didukung dengan kepedulian masyarakatnya terhadap keamanan disekitarnya. "Hal ini sangat penting untuk menarik minat investor yang ingin berinvestasi didaerah kita," pungkas Syamsuar


Kabag Humas : Siap Menerima Tegura

SIAK- Humas Sekretariat Daerah Siak, Kamis (7/2) mengadakan pertemuan degan wartawan di Watter Pum Siak. Hal itu untuk menjalin kerjasama yang baik dengan wartawan, sehingga informasi yang disampaikan wartawan melalui medianya lebih akurat dan berimbang.

Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Siak Zulfikri menyampaikan bahwa, Pihaknya siap menerima teguran, saran dan keritik guna yang membangun agar komunikasi atara humas dan wartawan bisa lebih baik. "Kami siap menerima teguran, kritik dan saran demi kebaikan kami," ungkap Zulfikri

Dalam diskusi tersebut, beberapa wartawan berharap dari pihak humas dapat membuka jalan, agar keterbukaan informasi dari tiap Satuan kerja yang berada dilingkungan Pemkab. Hal itu disampaikan karena ada beberapa Dinas yang pimpinannya susah dihubungi, padahal media membutuhkan informasi guna keakuratan dan keberimbangan berita.

Selain itu, diharapkan humas menyediakan sarana transportasi bagi wartawa, agar bisa mempublikasikan kegiatan bupati yang di luar kota. "Tidak semua wartawan memiliki kendaraan roda empat, untuk itu kami mohon agar ada sarana transportasi agar kami bisa ikut pada kegiatan bupati yang jauh. Kalau cuma di dalam kota tentu bisa kami tempuh dengan sepeda motor," kata Yanti, salah seorang wartawan.

Menanggapi hal tersebut, Zulfikri menyampaikan, humas akan menghimbau pada tiap satuan kerja agar menunjuk salah satu stafnya sebagai sumber informasi. Untuk trasportasi, nanti akan ditetapkan satu titik untuk berkumpul agar bisa berangkat bersama.

Sementara, Ketua Komite Organi Sasi Wartawan Siak (Koas) Ali Masruri menyampaikan, bahwasanya keritik dan saran perlu disampaikan guna kebaikan kedepan. "Kritik dan saran itu sah-sah saja, dan Jika ada keritik, tolong disampaikan dengan cara yang baik," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Alimasruri memperkenalkan beberapa Organisasi Wartawan yang berada di Kabupaten Siak, untuk menjalin komunikasi antar organisasi tersebut maka dibentuklah Koas. 



No comments:

Post a Comment