dafrat Blog Q

MyCSSMenu Save Document [+] Open Visual Interface

Monday, February 11, 2013

berit 8/2/2013 Liputan : Jalan Lintas Siak - Perawang terancam Putus


Jalan Lintas Siak - Perawang terancam Putus

 Bupati minta Gorong-Gorong Segera Diperbaiki

SIAK- Gorong-gorong yang berada di jalan lintas Siak-Perawang tepatnya di dekat simpang KM 11 sudah amblas sejak 3 bulan yang lalu, kini amblasnya makin meluas, separoh badan jalan sudah tidak dapat digunakan karena sudah runtuh, sementara separonya lagi kini amblas hingga 30 cm. Akibatnya kendaraan yang melintasi jalan tersebut keselamatannya terancam.

Menanggapi hal itu, bupati Siak Syamsuar meminta agar Dinas Dina Marga dan Pengairan kabupaten Siak bisa memaksa Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi untuk segera memperbaiki kondisi tersebut. Hal ini karena jalan tersebut merupakan jalan provinsi, secara aturan tidak bisa dikerjakan oleh pihak kabupaten. Namun pemrintah Kabupaten melalui dinas terkait memiliki tanggungjawab untuk melaporkan dan meminta perbaikan pada pihak yang berwenang yakni Dinas PU provinsi.

“Tadi Saya sudah menghubungi Kepala Dinas Dina Marga dan Pengairan (DMP) Irving Kahar, agar melakukan penanganan darurat dan mendesak pihak terkait untuk segera memperbaiki. Informasi yang ada proyeknya sudah dalam tahap pelelangan,” kata Syamsuar saat ditemui Haluan Riau usai acara pembukaan STQ Kecamatan Siak di lapangan Parit Baru desa Langkai Kecamatan Siak, Kamis (7/2)

Diharapkannya, sebelum proses pengerjaan agar dibangun terlebih dahulu jalan darurat disamping jalan tersebut agar selama proses pengerjaan aktivitas laluintas tetap bisa berjalan, karena jalan tersebut merupakan salah satu akses terdekan dari siak menuju Perawang dan Pekanbaru. “Saya berharap agar dibikin jalan darurat disampingnya, sehingga jalan tidak putus,” ungkap Syamsuar.

Sementara, Kepala Dinas DMP Irving Kahar melalui Kepala Bidang Bina Marga Ardi Afandi, Jumat (8/2) mengatakan pihaknya sudah 3 kali menyurati dinas PU provinsi agar runtuhnya jalan pada gorong-gorong tersebut segera diperbaiki. “Pertama kami mengirimkan surat pada awal Desember, kedua pertengahan Desember dan ketiga awal januari. Saat ini sedang proses pelelangan tender, di situ akan dipasang box culvert dan proyeknya satu paket dengan pengaspalan dari simpang Bakau (Maredan) sampai simpang empat KM 11, dengan nilai proyek 11 milyard,” kata Ardi Afandi

“Sementara menunggu perbaikan, sekarang kami pasang palt besi pada jalan tersebut agar berap mobil yang melintas tidak langsung tertumpu langsung pada bagian yang sudah amblas. Harapan kami PU provinsi dapat segera memperbaiki sehingga aktivitas lalulintas tidak lama terganggu,” imbuh Ardi Afandi

BPTK PU provinsi Rasyid saat dikonfirmasi melalui celuler menyampaikan, perbaikannya sudah dicanangkan pada angaran 2013. “pada tahun 2012 belum masuk dalam anggaran sehingga kamj belum bisa memperbaiki, saat ini sudah dalam tahapan lelang. Dan tadi tim kami sudah turun kelapangan untuk mengambil data studi lapangan,” jelas Rasyid.
Gorong-Gorong amlas makin meluas, separoh jalan sudah runtuh dan separongnya amblas hingga 30 cm. hal ini terjadi jalan lintas Siak -Perawang tepatnya dekat simpang Km 11. 72




Ribuan Masyarakat Benteng Hulu Turun Kejalan

SIAK- Ribuan masyarakat Benteng hulu dibantu angota tiap UPTD Kecamatan dan Petugas kecamatan mempura, Jumat (8/2) turun kejalan, mereka melakukan gotong-royong memotong rumput dan bebersih di jalan yang berada dilingkungan desa Benteng Hulu.

Pantauan lapangan, tampak masyarakat tersebar di beberapa titik, ada yang memotong rumput menggunakan mesin rumput dan ada yang menggunakan peralatan manual. Ikut turun kelapangan anggota Danramil kabupaten Siak Suhairi Saragih.

Camat Mempura Djumanotias menyampaikan kegiatan ini dilakukan dalam rangka lomba gotong-royong tingkat kabupaten, kali ini Desa Benteng Hulu dipilih untuk mewakili Kecamatan karena desa ini dari dahulu terkenal dengan kegiatan gotong-royongnya. “Kami pilih Desa Benteng Hulu mewakili kecamatan karena desa ini terkenal dengan desa gotong-royong. Melalui kegiatan ini kami berharap dapat menghidupkan kembali semangat gotong-royong di kecamatan kita, harapan kami sekolah yang berada dilingkungan Kecamatan mempura bisa mengagendakan hari gotong-royong, misalkan setiap hari Jumat siswa gotong-royong bersama,” kata Djumanotias

Sementara Kepala Desa benteng Hulu Bambang Cahyadi mengatakan, pemerintah desa ingin membangkitkan kembali semangat gotong-royong di lingkungannya, dinilainya saat ini semangat gotong royong sudah mulai mengendur. “Kami ingin mengembalikan citra Benteng Hulu, sejak zaman dahulu Benteng Hulu dikenal dengan Desa gotong-royong,” kata Bambang Cahyadi.

Tim penilai pada lomba tersebut ialah dari Bagian Pemerintah Desa (Pemdes) kabupaten Siak
Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Tarcip dan PKK. Salah satu tim penilai Oni Weldi, Kasubbid Pemberdayaan kelembagaan masyarakat dan adat Pemdes Siak mengatakan bahwa terdapat beberapa tahapan pada lomba ini, yang mana penilaian tingkat Kecamatan dicanangkan selesai pada bulan Februari, tingkat kabupaten penilaian dilakukan pada bulan Maret, dilanjutkan penilaian tingkat provinsi Pada Bulan April, dan secara nasional akan dilakukan pada bulan Juni mendatang.

Adapun keriteria pada lomba gotong-royong ini ialah, seberapa besar nilai suwadaya masyarakat dalam mewujudkan pembangunan desa, hal itu dinilai dari jumlah peserta yang terlibat dalam kegiatan, volume hasil kegiatan, serta bentuk kegiatan yang dilakukan.

Kepala Desa Benteng Hulu Bambang Cahyadi  saat berbincang dengan dewan Juri dari Pemdes Kabupaten Siak yang menilai Gotong-royong di Wilayah Desa Benteng Hulu. 82



Pemda Komit Bina Anak Siak

SIAK - Pemerintah Kabupaten Siak berkomitmen melakukan pembinaan pada anak daerah sehingga bisa meraih prestasi terutama dalam hal mempelajari Al-Quran dan pengetahuan Agama.

Hal itu disampaikan Bupati Siak Syamsuar dalam sambutannya di Pembukaan STQ Ke XIII Kecamatan Siak, Kamis (7/2) di Lapangan Parit Baru Desa Langkai Kecamatan Siak, Siak. Bupati menyampaikan, usaha membina purta daerah sudah dilakukan mulai tahun sebelumnya, bahkan beberapa waktu lalu sudah dilakukan Recruitmen ke tiap desa dan kecamatan guna menjaring anak-anak yang memiliki bakat dan kesungguhan dalam mempelajari Al-Quran, bagi yang lulus seleksi ditus untuk tugas belajar, mereka dipersiapkan untuk mengikuti lomba pada MTQ tingkat Provinsi dan Nasional.

"Mulai tahun lalu kita lakukan seperti itu, kita recrut dari kampung-kampung, sehingga kita bisa mengetahui mana anak-anak yang memiliki bakat dan prestasi. Beberapa waktu lalu kita sudah merekrut 250 orang untuk di seleksi, dan pemerintah terus memantau pembinaan yang dilakukan. Komitmen kami, akan tetap berkeinginan membina anak-anak kita sendiri supaya mereka bisa berprestasi," ungkap Syamsuar

Bupati mengakui, generasi yang ada masih lemah dalam hal tafsir Al-Quran, untuk menutupi kekurangan tersebut, Pemda tahun ini akan mengirimkan anak daerah untuk diutus tugas belajar ke Pasantren di daerah Jawa. "Tafsir alquran tafsir di kita masih lemah, makanya tahun ini kita melakukan rekruitmen ke tiap Kecamatan, untuk dikirim ke salah satu pesantren di jawa," Kata Bupati

Pada kesempatan tersebut Syamsuar menyampaikan bahwa, Tahun ini MTQ ditingkat Kabupaten dan Perovinsi jadwalnya dimajukan, karena di September tahun 2014 akan dilakukan pesta demokrasi yakni pemilihan Gubernur. Hal itu telah disepakati pada MTQ di Kecamatan Bengkalis kemaren tahun lalu.

Ditambahkannya, Pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten akan diselenggarakan pada bulan Maret dan bertempat  di Bungaraya. "Malam tadi sudah dilakukan rapat perdana, camat Bungaraya sudah mempersentasikan kegiatan, mulai dari pawai taaruf hingga pelaksanaan MTQ," kata Syamsuar.

Sementara Sekretaris Camat Siak OK. Muhammad Rendra menyampaikan, STQ ini bertujuan untuk seleksi Kecamatan pada kafilah yang akan diutus ke MTQ tingkat Kabupaten. Pada STQ ini memperlombakan 4 cabang yakni, tilawah, tartil, syahril, Fahmil. perlombaan dimulai pukul 8 Jumat (8/2).
Bupati Siak Syamsuar didampingi asisten 1 dan saat memukul beduk pertanda STQ Kecamatan Siak dibuka Secara resmi. 72





Pelabuhan Rakyat Desa Rantau Panjang Jadi Proritas Usulan Musrenbang Desa

KOTO GASIB- Kondisi Pelabuhan Rakyat Desa Rantau Panjang kecamatan Koto Gasib kondisinya sangat memperhatinkan. Masyarakat desa Rantau panjang mengharapkan kepada pemerintah Kabupaten dapat memperbaiki pelabuhan tersebut.

Kepala Desa Rantau panjang Budi Santoso, Jumat (8/2) menyampaikan bahwa banyak tokoh masyarakat yang mengusulkan perbaikan pelabuhan dermaga tersebut pada musrembang yang berlangsung beberapa waktu lalu. Hal itu karena masyarakat menilai kondisi pelabuhan tersebut saat ini sudah tidak layak digunakan, sementara masyarakat setempat sangat membutuhkan karena kebanyakan masyarakat tinggalnya dipinggir sungai Siak, sehingga transportasi untuk keluar kota banyak yang lebih memilih  Melalui musrenbang desa mengajukan usulan perbaikan dermaga rakyat yang saat ini sudah tidak layak digunakan agar dapat di realisasikan perbaikannya. Pasalnya dermaga tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk tempat bersandarnya kapal kecil untuk membawa hasil pertanian dari sektor air yang saat ini masih menjadi andalan trasportasi menggunakan trasportasi laut. “Kondisinya sudah tidak layak pakai, sementara masyarakat membutuhkanuntuk transportasi barang dan jasa,” kata Budi Santoso

Ditambahkannya, melalui musrembang masyarakat sudah beberapa kali mengusulkan perbaikan, namun usulan tersebut sampai saat ini belum terealisasi. "Mudah -mudahan usulan musrenbang kali ini dapat dikabulkan oleh Pemkab Siak, tujuannya agar perekonomian masyarakat bisa meningkat. Saat ini keadaan pelabuhan tersebut hancur, sehingga masyarakat harus mengunakan pelabuhan alternatif yangsangat tidak layak untuk mengakut hasil pertanian yang akan dipasarkan ke luar Kecamatan Koto Gasib.Tentunya ini akan menambah pengeluaran yang sangat tinggi,” pungkas Budi Santoso,

Pantauan lapangan, dermaga tersebut berkerangka besi, sementara papan sebagai lantai dermaga tersebut tampak hancur, tampak hanya kerangka besi yang tegak disamping sungai. Namun masih ada juga spet boot yang singgah utuk mengantar dan menjemput penumpang di pelabuhan tersebut. 





No comments:

Post a Comment