dafrat Blog Q

MyCSSMenu Save Document [+] Open Visual Interface

Monday, February 11, 2013


Bupati : Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Tanaman Pangan

SUNGAI MANDAU - Bupati Siak Syamsuar menghimbau masyarakat agar memanfaatkan lahan kosongnya dikelola dan ditamai dengan tanaman pangan. Hal itu mengingat Kabupaten Siak sampai saat ini masih membutuhkan import bahan pangan terutama beras.

Hal itu disampaikan Syamsuar pada acara penyerahan bantuan bibit padi pada masyarakat petani, Rabu (6/2) di Desa Muara Bungkal Kecamatan Sungai Mandau. Disampaikannya, Kabupaten Siak mengalami kekurangan beras sebesar 25 ribu ton per tahunnya oleh karena itu, kita mengimpor beras dari daerah-daerah lain, untuk itu mari kita tingkatkan produksi padi dan memanfaatkan lahan yang ada.

"Pada waktu rapat kerja nasional pemerintah di Jakarta kemaren kata Bupati, menteri Kehutanan menjelaskan agar setiap daerah mengusulkan lahan-lahan yang masih kosong agar dapat dimanfaatkan untuk tanaman pangan, seperti padi. Dengan itu, kami mengajak masyarakat agar menanam tanaman pangan terutama padi, selain itu sayur-sayuran, dan ubi-ubian untuk dapat digalakkan," ungkap Syamsuar

Untuk mencapai hal itu, Syamsuar menghimbau petugas lapangan (PPL) yang ada untuk meneliti sehingga dapat menerapkan teknologi terpadu, shingga lahan yang ada menjadi subur dan dapat dimanfaatkan untuk membudidayakan tanaman pangan.  "Pada PPL, tinggal bagaimana kita menerapkan teknologi terpadu agar tanah di tempat kita ini menjadi subur. Meskipun kondisi lahan daerah kita ini berbeda dari lahan-lahan di daerah lain, namun demikian tidak menjadikan kita patah semangat untuk bercocok tanam," tegas Syamsuar

Bupati Menyampaikan, dikarenakan musibah banjir yang melanda desa Muara Bungkal beberapa waktu lalu hingga mengakibatkan petani padi gagal panen, maka pada kesempatan ini diserahkan bantuan bibit padi guna memberi motifasi agar petani tetap semangat dalam mengelola sawahnya. Musibah tersebut diharapkan menjadi pelajaran bagi kita bersama.

Sementara, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kab Siak Rubiati menambahkan, jenis bibit padi yang diserahkan adalah jenis varietas Siak Raya dengan produktifas mencapai 6-7 ton perhektar.

"Pemerintah Kabupaten Siak komit dalam upaya swasembada beras, sebagai bentuk nyata, kali ini diserahkan bantuan benih padi ini yang bersumber dari balai benih Sepuruk dari kecamatan Sabak Auh. Jumlah luas lahan tanaman padi di Kecamatan Sungai Mandau pada tahun 2012 berjumlah 730 hektar, sementara luas lahannya mencapai 606 hektar. Artinya, masih ada kesempatan untuk memperluas lahan tanaman pangan. Kecamatan Sungai Mandau juga merupakan centra padi untuk kabupaten Siak selain kecamatan Bungaraya, Sabak Auh," ungkap Robiati.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Abdul Razak, Camat Sungai Mandau Irwan Kurniawan, Upika Kecamatan Sei Mandau, Kepala Desa se kecamatan Sungai Mandau

Bidan diharapkan Kuasai IPTEK sesuai Perkembangan Zaman
SIAK- Bidan bidan diharapkan dapat menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sesuai dengan perkembangan zaman, hal itu untuk mendukung dalam menjalankan tugas profesinya.
Selain itu, juga dituntut untuk dapat membangun karakter yang mampu menggambarkan penguasaan terhadap disiplin ilmu yang dimiliki. Dengan sikap dan karakter yang baik, tentu akan meningkatkan simpati masyarakat terhadap pelayanan yang kita berikan.
 Hal itu disampaikan wakil Bupati Siak Alfedri pada acara Angkat Janji Mahasiswa Angkatan V Akbid Salma Tahun Ajaran 2012/2013 di Gedung Maharatu Kabupaten Siak. Alfedri mengatakan, momentum ini merupakan tahapan awal dimulainya proses menjadi Mahasiswa yang sebenarnya dalam pendidikan kebidanan. Dengan mengikuti prosesi pemasangan cap hari ini, berarti adik-adik telah mengikrarkan diri untuk senantiasa siap mengabdi sebagai bidan. Untuk itu hendaknya pada diri Adik-adik sekalian tertanam keinginan dan semangat untuk belajar dengan sungguh-sungguh agar menjadi bidan yang profesional nantinya.
 “Sebagaimana kita pahami, setiap bidan wajib memiliki jiwa penolong dalam rangka memberikan pelayanan kepada orang lain, sehingga yang diucapkan dalam sumpah dan janji bidan harus benar-benar ditepati serta dilaksanakan dengan sepenuh hati. Dipundak adik-adik sekalianlah masa depan keselamatan dan kesehatan Ibu dan Anak diamanahkan, untuk itu adik-adik harus bisa mengikuti perkembangan zaman, IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi), IMTAQ (Iman dan Taqwa), sehingga kita senantiasa mampu bersaing dengan Mahasiswa Akademi Kebidanan yang ada di daerah lain,” tegas Alfedri

“Karena itu, saya berharap Akademi Kebidanan Salma dapat mencapai akreditasi terbaik dengan mempertimbangkan aspek kebutuhan di masyarakat, Akademi Kebidanan Salma juga harus dapat melakukan penyesuaian kurikulum agar relevan dengan kebutuhan pasar kerja dan perkembangan IPTEK. Sebagaimana kita ketahui, dunia kerja saat ini membutuhkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik yang kuat serta kreatifitas dan daya inovasi yang tinggi. Sehubungan dengan itu, Akademi Kebidanan Salma harus tetap terbuka untuk menerima masukan dari masyarakat, LSM, Media Massa atau organisasi lainnya,” imbuh Alfedri

Ditempat terpisah, Direktur Akbid Salma Siska Indrayani menyampaikan bahwa, mahasiswa yang mengikuti angkat janji sebanyak 45 orang, yakni mahasiswa Tahun Ajaran 2012/2013, mereka telah mengikuti studi selama satu semester, mulai masuk dari 3 September 2012 dan telah mengikuti ujian tertulis dan praktek pada bulan januari lalu.
“Harapannya, pada masiswa yang telang angkat janji agar dapat mengaplikasikan ilmu yang telah disampaikan pada praktek lapangan yang akan dilakuka pada akhir semester 2 nanti. Pada praktek awal mahasiswa akan peraktek di RSUD Siak, berikutnya merka bisa mengikuti praktek di beberpapa RSUD dan Rumah bersalin yang telah menjalin kerjasama dengan kami, baik itu yang berada di Kabupaten dan Provinsi,” pungkas Siska Indrayani
Turut hadir pada acara tersebut, Kadis kesehatan Provinsi yang diwakili oleh Kasi Pengembangan kesehatan Loly, Direktur utama RSUD Siak yang diwakili oleh Kabid Pelayanan Munadirin serta seluruh civitas Akbid Salma.
Pembacaan angkat janji oleh mahasiswa Akbid Salma angkatan ke-V  Luli Ulmainung diikuti oleh seluruh Prosesi Ankat Janji.

No comments:

Post a Comment