dafrat Blog Q

MyCSSMenu Save Document [+] Open Visual Interface

Monday, February 11, 2013

11/2/2013 Liputan : Dililit Hutang, Warga Teluk Mesjid Gantung Diri


Supir Xenia Tewas pada Kecelakaan Beruntun

DAYUN- Kecelakaan Lalulintas yang terjadi antara satu unit mobil Xenia dan 2 unit mobik Cold Disel, Minggu (10/2) di Km 65 Dayun mengakibatkan pengemudi Xenia tersebut tewas.

Kapolres Siak AKBP Sugeng Putut Wicaksono melalui Kabag Humas Polres Siak R. Simamora, Senin (11/2) membenarkan adanya kecelakaan tersebut. Disampaikannya, kecelakaan itu terjadi berkisar pada hari Minggu sekitar pukul 12.15 wib.

Kronologisnya, pada saat itu ada satu unit mobil yang parkir di kiri jalan dengan identitas belum diketahui, bersamaan dengan itu datang satu unit colt diesel BM 8745 SC yang dikendarai oleh Eko Purnomo (25) dari km 70 Dayun hendak mendahului kendaraan yang parkir dikiri jalan itu, sementara dari arah berlawanan datang satu unit mobil Xenia yang dikendarai oleh M Muklis (37) dengan No polisi BM 1273 QN dari Dayun menuju Buatan.

Kendaraan colt diesel BM 8745 SC berhenti, tiba tiba dari arah buatan datang satu unit colt diesel BM 9360 SC dikendarai oleh Mayar Sahono (28) dengan kecepatan tinggi dan menabarak kend colt diesel BM 8745 SC, hingga kendaraan colt diesel BM 8745 SC bergerak ke depan, jarak mobil Xenia BM 1273 QN semakin dekat hingga kecelakaan tak terlakanlagi.

"Akiabat kejadian tersebut pengendara mobil Xenia M muklis mengalami luka berat dan dilarikan ke Rumah Sakit (RS) Pekanbaru dan meninggal dunia dalam perjalanan menuju RS," terang R Simamora.

Selain itu, kecelakaan ini juga berakibat pada Dana (26) seorang wira swasta warga Binjai yang mengalami luka ringan dan Ikhsan (3o) seorang wira Swasta warga Binjai mengalami patah tulang.

Ketiga kendaraan mengalami kerusakan, pihak kepolisan sudah mengamankan barang bukti kecelakaan tersebut dan meminta keterangan saksi dari Dana dan Ihksan.
Sebuah Mobil Xenia runsek tergilas Cold Disel, hal ini terjadi di Km 65 Dayun. 112



  
Dililit Hutang, Warga Teluk Mesjid Gantung Diri

SUNGAI APIT- Warga Teluk Mesjid Kecamatan Sungai Apit, Minggu (10/2) sekitar pukul 16.00 wib  digegerkan dengan penemuan seorang yang tewas gantung diri. Korban adalah Amran seorang petani warga RT/RW 01/04 Desa Teluk Masjid Kecamatan Sungai Apit.
Kapolsek sungai apit AKP Ali Azhar saat dikonfirmasi melalui celuler membenarkan adanya kejadian tersebut.  “Korban meninggal karena gantung diri di salah satu pohon di perkebunan masyarakat,” terang Kapolsek.
Keronologisnya, sekitar pukul 15.00 wib Amaran dan istrinya Lilis Suryani pergi ke perkebunan masyarakat untuk mencari sarang madu lebah, ditengah perkebunan lilis permisi pada suaminya untuk buangan air besar, istrinya buang air besar tidak jauh dari tempatnya melihat sarang madu lebah, kemudian sambil buang air besar sang istri ongomel- ongomel kepada amaran tentang banyaknya hutang piutang yang harus dibayar dan istrinya mengatakan walau pun kebun dijual tidak bisa menutupi  hutang tersebut.
Saat kejadian, Lilies tidak mendengar suara erangan seperti orang kesakitan, lalu Lilis menuju sumber suara, di tempat kejadian perkara Lilis menemukan suaminyatergantung dipohon.
Menurut keterangan dokter Andrian dari Puskesman Sungai Apit yang saat itu datang ke TKP, kejadian tesebut murni gantung diri, tidak ada tanda-tanda  kekerasan terhadap amran. 
Korban bunuh diri,  Amran Kepala rumah tangga warga Desa Teluk masjid kecamatan Sungai Apit Siak,  peristiwa terjadi Minggu 10 Februari 2013 sekira jam 15.00, Dugaan karena himpitan Ekonomi. 102




Bupati Dihadiahi Lukisan dan Maket Karya Anak Muda Kandis

SIAK- Pengurus Karang Taruna Kecamatan Kandis memebrikan hadiah pada Bupati Siak Syamsuar berupa lukisan yang mengambil Bupati Siak sebagai objeknya, serta maket istana Siak. Lukisan dan market tersebut merupakan hasil kreatifitas anak muda Kecamatan Kandis. Hadiah tersebut diserahkan pada, Senin (11/2) di ruang kerja Bupati dan diserahkan langsung oleh Ketua Karang Taruna Kecamatan Kandis didampingi Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Siak Ihsan

Lukisan tersebut merupakan karya Deni seorang pelajar kelas I disalah satu SMA di Kecamatan Kandis. sementara maket istana merupakan hasil karya Ula, salah satu pengurus Karang Taruna Kecamatan Kandis.

Bupati Siak Syamsuar mengaku takjub melihat hasil kreatifitas anak muda di Kecamatan Kandis tersebut. Ia berharap kreatifitas yang muncul tersebut dapat dibina dan dikembangkan melalui kegiatan kepemudaan di kecamatan lainnya, sehingga kreatifitas serupa bisa muncul di seluruh Kabupaten Siak.
 "Lukisannya sangat bagus dan sangat mirip. Sampaikan ucapan terimakasih saya pada anak-anak kita disana. Bakat seperti ini perlu dibina dan dikembangkan agar suatu saat nanti, jiwa enterpreneurship tumbuh dengan baik dikalangan anak muda di Kabupaten Siak. Saya berharap Kepala Desa juga turut melaksankan pembinaan kreatifitas anak muda di desanya sehubungan anggaran pembinaan yang ada dimasing-masing desa. kalau muncul trend positif Insya Allah nanti kita usulkan peningkatan anggarannya. saya ingin anak-anak Siak maju dan kreatif di bidangnya. sehingga kedepan tidak lagi harus mencari kerja, tapi juga mampu menjadi enterpreneur yang baik dan kreatif" sambut Syamsuar.

Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Siak Ihsan didampingi pengurus Karang Taruna Kecamatan Kandis mengatakan, lukisan tersebut merupakan hasil karya juara I lomba melukis dan membuat karikatur Bupati yang ditaja oleh Karang Taruna Kecamatan kandis beberapa waktu lalu. Sementara maket adalah hasil karya kader karang taruna Kecamatan Kandis.
 "Mulanya mereka ingin menyerahkan langsung pada bapak Bupati. namun karena terbentur jadwal sekolah, karya mereka dititipkan pada kawan-kawan pengurus dari kandis untuk diserahkan pada pak Bupati"jelas Ihsan. Mg4






  
Peringatan K3, Bupati berikan penghargaan pada perusahaan yang melaksanakan program K3

SIAK- Bupati Siak Syamsuar, memberikan penghargaan pada 3 perusaan yang dinilainya tertib melaksanakan program keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Hal itu diserahkan bupati di sela-sela upacara peringatan hari K3, Senin (11/2) di halaman kantor Bupati Siak.
Ketiga perusahaan tersebut yakni, PT Ivo Mas Tunggal unit Sam sam Mill (PKS) kecamatan Kandis selama 2.573.462 jam nihil kecelakaan (zero accident) mulai dari tanggal 1 Januari 2009 sampai dengan 31 Desember 2012, PT. Aneka Inti Persada Unit Teluk Masjid Factory (PKS) kecamatan Tualang selama 1.472.235 jam dari tanggal 1 Januari 2009 sampai 31 Desember 2012 dan PT. Mutiara Unggul Lestari (PKS) kecamat Kandis selama 1.154.039 jam dari 1 Januari 2010 sampai 31 Desember 2012.

Dalam amanat upacara Bupati mengatakan, Dipenghujung tahun 2011, tepatnya tanggal 26 November 2011, kita semua tersentak atas runtuhnya Jembatan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur yang mengakibatkan korban jiwa lebih dari 20 orang dan harta benda. Salah satu penyebab kejadian ini adalah pelaksanaan K3 pada pekerjaan perawatan kurang memadai. Kejadian ini harus kita jadikan pelajaran yang sangat berharga untuk mencegah terulangnya kejadian yang serupa.

Untuk itu, Syamsuar menegaskan agar semua pihak harus lebih meningkatkan K3 disemua kegiatan mulai dari perencanaan, pembuatan/pemasangan, pengoperasian/pemakaian dan pemeliharaan terhadap seluruh peralatan produksi dalam upaya menjamin keselamatan dan kesehatan kerja bagi pekerja, maupun masyarakat sebagai konsumen barang atau jasa hasil produksi atau sebagai pengguna sarana dan fasilitas umum.

Dalam kesempatan tersebut Bupati mengajak seluruh stakeholder dan seluruh masyarakat bergerak dan bertindak menjadikan program “Saya Pilih Selamat” menjadi salah satu upaya dalam mewujudkan budaya K3. Icon tersebut hendaknya kita dengungkan setiap hari agar memotivasi kita dalam berperilaku selamat.

“Berdasarkan PP No. 50 Tahun 2012 tentang penerapan SMK3, pada hari ini Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI beserta jajarannya telah bertekad menerapkan SMK3 yang diawali dengan penandatanganan komitmen dan kebijakan penerapan SMK3. Saya berharap, komitmen ini tidak hanya sebatas penandatangan saja, namun perlu diimplementasikan dalam bentuk kegiatan yang nyata dan peran aktif dari semua pihak,” uncap Bupati. 



No comments:

Post a Comment